.SWEET LIKE CANDY, FRESH LIKE MINT, WARM LIKE CHOCOLATE, FUN LIKE COLOUR, VALUABLE LIKE GOLD.


20 September 2010

Blackberry: Kebutuhan? Tren? Fashion? atau... Gengsi?


siapa yang ga kenal Blackberry? saya yakin ga akan ada yang ngacung ketika pertanyaan ini dicetuskan.
yaap, mobile phone yang lebih akrab disapa BB ini tampaknya udah semakin merajalela dari sabang sampai merauke. ga cuma selebritas atau orang penting aja yang pake BB bahkan anak SD, satpam, officeboy pun udah pake BB.

perkembangan BB ini cukup membuat berbagai perusahaan mobile phone kelabakan. mereka menciptakan inovasi terbaru untuk mempertahankan eksistensinya. bahkan tidak sedikit yang menciptakan mobile phone dengan merk terbaru dan memberikan fasilitas menyerupai BB dengan harga yang cukup rendah.

beberapa waktu yang lalu, saya heran melihat perkembangan BB di Indonesia yang sangat pesat. Smartphone yang satu ini sangat bisa menarik perhatian semua kalangan, ga cuma orang berduit. fasilitas yang disediain di BB memang cukup membuat semua orang merasa butuh, walaupun sebenernya enggak.
apakah ini tren? atau... BB udah jadi salah satu pelengkap fashion era ini?
entahlah. semua orang punya pendapat masing-masing.
saya pernah berbincang dengan seorang teman. dia salah satu korban BB menurut saya.

saya (S) : hai T, udah pake BB sekarang? katanya ga mau pake.
teman (T) : iya nih sekarang gw pake. malu lah kalo enggak.
S : (mengernyitkan dahi) malu?
T : iyalah malu. gila lo.
S : gw ga ganti BB tapi gw ga malu. kenapa malu?
T : semua orang udah pake BB kali kar. kalo ga ganti sendiri ntar dikucilin.
S : (dahi makin melipat sambil ketawa kecil) haha siapa yang mau ngucilin lo, T? lo kata pake BB semua orang bakal mau temenan sama lo apa.
T : (agak sewot) yaa paling enggak kan ada kelebihannya kalo diliat orang.
S : (makin ketawa)

perbincangan saya dengan seorang teman tersebut membuat saya makin penasaran, apakah memang BB memberikan dampak seperti itu?
hmm.. pertanyaan ini semakin menjadi-jadi, ketika saya berkumpul dengan beberapa teman saya, sebut saja A, B dan C, ketiganya adalah pengguna BB. ketika itu, saya yang sedang menyetir mobil, mendengar perbincangan mereka.

A : eh B, lo ganti BB sekarang? warna putih ya?
B : iya. gw ga suka yang warna item, bagusan juga putih.
C : eh tapi bukannya lo baru ganti nokia E71 ya B? masa udah ganti lagi sekarang?
B : yang itu dijual, gw ganti ini sekarang (nunjukin BBnya). semua orang pada pake BB soalnya.
A : eh coba coba liat BB lo! BB gw yang ini trackballnya udah rada rusak deh. kenapa yaa?
C : yaa paling lo keseringan pencet, kekencengan kali mencetnya jadi rasa masuk gitu.
*perbincangan BB makin menjadi*
A : eh kar, lo ga ganti BB?
saya (S) : enggak.
B : ganti aja kar, biar bisa BBMan.
S : belom berminat.
C : emang lo ga pengen ya kar ngeliat semua orang udah pake BB?
S : ga muna sih pengen, tapi belom minat beli.
A : kalo gw jujur aja ganti BB karena pengen loh ngeliat semua orang pada pake BB, lagian sebenernya ada untung juga soalnya bisa BBMan, bla bla bla.
B dan C : (ngangguk-ngangguk)

lagi-lagi saya heran dengan perbincangan tersebut.
saya pikir, BB cuma jadi tren dan fashion, bisa jadi juga pendorong gengsi. ibaratnya malu kalo ga pake BB.
semakin heran lagi ketika BB cuma dijadiin alat pendukung "kegaulan" seseorang. saya kok malah ga suka ya sama orang kayak gitu? hmm yaudalah, hak mereka.

nah satu lagi yang bikin saya makin heran. berdasarkan seorang sumber, sebuah kantor menggunakan BB untuk mengumumkan suatu informasi dan melupakan fasilitas SMS, email, telfon dan menggantinya dengan BBM. demikian pula dengan kebanyakan kantor lainnya.
rupanya efek BB ini semakin menjadi-jadi saja sekarang.
bahkan seseorang rela merogoh "kocek"nya lebih dalam untuk memenuhi (ntah saya menyebutnya apa) kebutuham/ tren/ fashion/ gengsi ini.

sebenarnya tidak ada yang salah dengan BB. smartphone ini memang bisa memudahkan kita dalam segala hal terutama dalam hal perinteraktifan, dan hal ini memang dibutuhkan oleh berbagai pihak tertentu. tapi beberapa alasan atau pandangan orang-orang terhadap BB ini membuat saya cukup terperanjat. haha.

kebutuhan akan BB pada zaman sekarang memang membuat banyak orang memilih menggunakan sesuatu yang efektif dan efisien dan (mungkin) BB adalah jawabannya. saya tidak menyalahkan pencipta BB ataupun para konsumen BB, tentu saja mereka miliki hak atas diri mereka sendiri.
benar begitu bukan?
:)

1 comments:

diazbela said...

betull!! :D

Post a Comment