.SWEET LIKE CANDY, FRESH LIKE MINT, WARM LIKE CHOCOLATE, FUN LIKE COLOUR, VALUABLE LIKE GOLD.


13 February 2010

subhanallah

sabtu, 13 februari kemaren gw diajak pergi sama bokap nyokap gw ke salah satu daerah di palembang, jakabaring namanya. gw uda pernah ke sana, dan menurut gw ga ada yang menarik di sana haha. cuma ada satu danau buatan gede namanya danau OPI, di danau itu banyak orang jualan jagung bakar, kelapa muda, kalo mau maen-maen juga disewain kapal karet, sepeda bebek2an, jetski sampe banana boat.

kemaren bokap nyokap gw ngajakin gw ke sana lagi, rada males sih sebenernya, mau ngeliat apa juga di sana, mana cuaca rada-rada mendung gitu lagi, paling juga sepi.
sampe sana, bener dugaan gw, sepi, karena cuaca mendung dan akhirnya gerimis.

akhirnya gw sama orang tua gw, pergi dari situ, pas banget jam 12.00.
bokap gw bilang ada satu masjid khas sana namanya masjid Cheng Ho.
Dari namanya uda bisa ditebak kalo masjid ini ada unsur cinanya. ternyata emang bener bangunannya ada unsur-unsur bangunan cina dikit. gw baru tau ada masjid bagus di jakabaring.
akhirnya gw mampir ke masjid itu buat solat, lagian di luar ujan makin deres.
ga ada yang istimewa dari masjid ini, cewe yang solat aja cuma gw sama nyokap gw.

mm tapi tiba-tiba mata gw tertuju ke salah seorang bapak tua, mungkin umurnya udah setengah abad lebih.
dari penampilannya sih keliatan kalo bapak ini dari orang ga mampu, kalo gw tebak bapak ini kerjanya pemulung, dan mampir ke masjid buat solat, sekalian istirahat dan berteduh juga mungkin. baru masuk masjid, bapak ini langsung solat 2 rakaat masuk masjid. terus berdiri dengerin azan dzuhur, khusuk banget kayaknya.
gw sendiri cuma bisa bengong ngeliatan bapak itu, takjub.

selesai solat, mata gw tetep ngeliatin bapak itu, dan kemudian ga sengaja ngeliat ke salah satu cowo, mungkin umurnya 20an. keliatan lusuh banget, gw tebak sih, cowo ini kerjanya sama kayak si bapak tua itu.
akhirnya gw keluar dari masjid, tapi mata gw ga lepas dari sosok mereka berdua. dan ternyata tebakan gw bener, si bapak tua itu ke masjid naik sepeda yang dipenuhi sama botol-botol bekas, ada satu topi bunder yang udah lusuh banget nangkring di sepedanya. sedangkan si cowo itu jalan kaki sambil bawa dorongan kotak yang biasanya buat minuman dingin, tapi ternyata isinya es krim. dia ngeliat isinya, mungkin dalem hati dia, "aduh kok masih banyak ya? mana ujan lagi, siapa yang mau beli nih."

sedih gw ngeliatnya, sampe mobil gw pergi ninggalin masjid itu, mata gw tetep aja ngeliatin mereka. gw takjub. mereka yang orang kecil aja masih nyempetin waktu buat solat, masih inget allah, tetep berdoa, bersyukur dan berusaha. lah gw? hidup alhamdulilah berkecukupan, semua ada, fasilitas ada, kadang masih suka ngelewatin solat.
astaghfirlah.. durhaka banget gw!

mmm.. gw ngerasa ciut ngeliat mereka.

abis itu gw sama orang tua gw mau ke salah satu mall di palembang, dan kita ngelewatin lampu merah. di lampu merah ini gw ngeliat suatu kejadian yang membuka hati gw lagi.
jadi ceritanya ada dua loper koran, yang satu anak kecil yang satu bapak2. kayaknya sih si bapak2 itu bisu tuli. si anak kecil itu berdiri di pinggir jalan, ngeliatin mobil2. sedangkan si bapak nawarin korannya ke salah satu mobil. keduanya masih sama2 megang koran yang jumlahnya lumayan banyak.
tiba2 mobil di sebelah mobil gw manggil bapak2 itu, sambil mencet klakson, niatnya mau beli koran, tapi bapak itu ga sadar juga kalo dipanggil. si anak kecil itu ngeliat, dan anak kecil itu langsung lari, gw pikir dia mau nyamperin mobil yang mau beli koran itu, tapi ternyata gw salah!
dia justru manggil di bapak loper koran itu dan gandeng dia menuju ke mobil yang daritadi manggilin dia.

oh my god! jujur banget anak kecil itu! padahal kalo dia mau, dia bisa aja nyamperin mobil itu dan jual koran dia, itu bakal nguntungin dia! tapi dia malah manggil bapak loper koran tadi!
gw takjub lagi, jujur banget anak kecil itu!

dari dua kejadian tadi, gw bener-bener takjub. walaupun mereka hidup susah, tapi mereka tetep bersyukur sama allah, tetep berdoa dan tentu aja berusaha. walaupun mereka hidup susah, mereka tetep jujur, tetep berbuat baik sama sesama, ga serakah dan ga curang.

mereka hebat! hari itu hati gw terbuka ngeliat mereka, gw ga mau kalah sama mereka!
semoga mereka selalu dikasih rezeki sama allah. amin.