.SWEET LIKE CANDY, FRESH LIKE MINT, WARM LIKE CHOCOLATE, FUN LIKE COLOUR, VALUABLE LIKE GOLD.


20 January 2011

pentingkah menjadi pendengar yang baik?

pendengar yang baik. suatu karakter yang jarang disadari betapa pentingnya bagi orang di sekitar.

bukan hanya menjadi orang yang bingung ketika mendengarkan cerita. bukan pula menjadi orang yang bodoh yang hanya bisa mengantuk ketika mendengarkan cerita. bukan pula menjadi pendengar cuek yang masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. melainkan menjadi pendengar yang baik, yang mau mendengarkan dan mengamati setiap makna kalimat yang didengarkan.

menjadi pendengar yang baik tidak hanya tau bagaimana menghargai orang lain, melainkan ia juga akan menjadi orang sabar yang memiliki banyak ilmu. ya, ilmu dari apa yang ia dengarkan. mungkin banyak yang tidak menyadari, sekecil apapun cerita yang kita dengarkan, di situlah kita mendapatkan ilmu tentang kehidupan, ilmu langka yang tidak akan kita dapatkan apabila kita hanya 'terlelap' dalam hidup kita sendiri.

susah bisa menjadi pendengar yang baik, yang mau mendengarkan dengan sabar setiap kata yang dikeluarkan oleh seseorang. tetapi di situlah seorang pendengar yang baik tau bagaimana memposisikan dirinya sebagai orang yang dipercaya dan dianggap pantas untuk mendengarkan.
tidak semua pendengar bisa menjadi pembicara yang baik dan solutif, tetapi hanya dengan mendengarkan saja, bisa cukup memberikan kontribusi bagi sang pembicara. setidaknya pendengar yang baik, (biasanya) bisa memiliki kepekaan yang lebih dibandingkan dengan orang lain.
pendengar yang baik menjadi hal yang dibutuhkan dalam interaksi sosial kita. tidak dengan teman atau pacar saja, melainkan juga dengan orang tua.

maka jadilah pendengar yang baik, karena di situlah kita belajar menghargai orang lain dan belajar tentang ilmu kehidupan.

1 comments:

Yuda Ermawan said...

Hai karla you are so beutifull :) hihi :blushing
visit me back @http://www.yudadabye2.co.cc/

Post a Comment